Kab. Kediri (MAN 4) – Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dilaksanakan oleh seluruh warga MAN 4 Kediri di halaman MAN 4 Kediri pada hari Minggu, 22 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB dengan tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Peringatan ini merupakan bentuk penghormatan terhadap peran santri dalam mempertahankan kemerdekaan. Sebagai generasi penerus kita harus terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan dalam ilmu agama maupun dalam ilmu pengetahuan, kita harus menjadi Ihsan yang cerdas peduli terhadap sesama dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara.

Penetapan Hari Santri Nasional berawal dari 1945 silam setelah Indonesia merdeka. Pada masa itu, KH Hasyim Asy’ari menyerukan fatwa Jihad. Fatwa tersebut menegaskan bahwa mempertahankan kemerdekaan termasuk Jihad. Pada 22 Oktober 1945, KH Hasyim Asy’ari dan para ulama lainnya kemudian merumuskan Resolusi Jihad. Tanggal lahir resolusi jihad inilah yang kemudian menjadi dasar penetapan Hari Santri Nasional.

Adapun Pembina upacara pada peringatan Hari Santri Nasional kali ini adalah kepala MAN 4 Kediri, Slamet Hariyanto. Dan aturan pakaian untuk mengikuti Upacara Hari Santri di MAN 4 Kediri yaitu mengenakan baju atasan berwarna putih dan bawahan berwarna gelap. Upacara berjalan dengan lancar dan khidmat sejak dimulai sampai berakhirnya upacara. (Jurnalis/Humas)

Leave a Comment