Madrasah Aliyah Negeri Krecek berdiri tahun 1984 atas prakarsa tokoh masyarakat dan tokoh agama  di Krecek Badas Kediri diantaranya  :

  1. KH. FADHIL AFFANDI
  2. DRS. H. CHOTIB HIDAYAT
  3. H. MASDUKI YASIR
  4. H. ABDUL GHOFAR
  5. K. ZARKASJI
  6. K. SHODIQ
  7. DRS. H. MUZAYIN
  8. K. ADNAN
  9. K. IHSAN

Sembilan tokoh tersebut yang diprakarsai oleh DRS. H. CHOTIB HIDAYAT  pada tanggal  10 juni 1984 berhasil mengadakan sidang pendirian Madrasah Aliyah Maslahiyah yang berlokasi di Ds. Krecek Kec. Badas Kab. Kediri dan mengangkat guru-guru  pengajar diantaranya:

  1. H. MASDUQI YASIR
  2. DRS. H. CHOTIB HIDAYAT
  3. DRS. ABDUL QOHAR MUSTOFA
  4. DRS. MOH. MUZAYIN
  5. DRS. SAIFUDIN
  6. SUSILOWATI. BC. HK
  7. AHMAD N
  8. H. ABDUL GHOFAR
  9. K. ZARKASJI
  10. K. ADNAN
  11. K. SHODIQ

Dengan mengangkat DRS. H. CHOTIB HIDAYAT sebagai Kepala Madrasahnya. Berikut perkembangannya:

  1. Tanggal 1 Juli 1984 Madrasah berdiri berdasarakan SK Kepala kanwil  Prop. Jatim No. Wm 06.02/358/3-c/Ket/1986 Tgl 8 Oktober 1986 dengan status terdaftar;
  2. Tanggal  5 agustus  1996 . Piagam Jenjang akriditasi diakui;
  3. Tanggal 18 Pebruari 2004 dinegerikan menjadi MAN Krecek-Kediri dahulunya MAN Krecek adalah bermula dari kunjungan Kabid Pergurais Kanwil Departemen Agama Propinsi Jawa Timur yang dilakukan oleh Bapak Sofyan ke Mts.N Pare. Menurut beliau di Wilayah  Pare Belum ada MAN, oleh karena itu ditindaklanjuti  dengan mengadakan beberapa pertemuan.
  4. Pertemuan I oleh pengurus yayasan Hasanudin Bapak Drs. Imam Chozin ,Bapak Zaini, Bapak Turmudzi, Bapak Sakrun dan Bapak Drs. H. Nurhadi yang hasilnya tidak setuju untuk di Negerikan.
  5. Pertemuan II dilaksanakan oleh pengurus yayasan  Pendidikan Al-Fatah yaitu Bapak H.Ma’ruf, Bapak K. Ihsan, Bapak Toha Maksum, dan Bapak H. Iskandar  yang pada akhirnya tidak menghasilkan keputusan usulan penegerian.
  6. Pertemuan III dilaksanakan oleh yayasan pendidikan sosial Maslahiyah yang diwakili oleh Bapak Drs. H. CHOTIB HIDAYAT, Bapak H. Masduqi Yasir, Bapak Zarkasi, Bapak Drs. H. Muzayin dan lain-lain, yang hasilnya menyepakati mengusulkan  MA Maslahiyah Untuk di negerikan karena ada kesepakatan antara pihak yayasan dan pemerintah yang diwakili oleh Depag yang isinya untuk selalu menjalin kerjasama yang baik  dan saling menguntungkan.
  7. Dengan demikian  lahirlah  Madrasah Aliyah  Negeri Krecek tanggal 30 Desember 2003 dan diresmikan oleh Bapak Bupati Kediri Ir. Soetrisno MM. dan Kakanwil Depag Prop. Jatim Bapak Drs. Roziqi, MM. MBA. Pada tanggal 18 Februari 2004. Sejak di Negerikan  Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) Krecek-Kediri semakin meningkat jumlah siswanya sehingga jumlah ruang kelas belajar setiap  tahun selalu mengalami kekurangan. UAntuk memenuhi kekurangan tersebut diadakan penambahan ruang yang dibangun dari dana bantuan Pemerintah dan dana komite.

Leave a Comment