Kab. Kediri (MAN 4) – Puncak pesta demokrasi di MAN 4 Kediri berlangsung pada hari ini, kamis (7/9) sejak pagi hingga sore hari. Pesta demokrasi tersebut adalah pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM MAN 4 Kediri yang baru untuk periode 2023/2024 mendatang. Kegiatan yang langsung disaksikan oleh kepala madrasah, Slamet Hariyanto tersebut berlangsung sangat meriah dan ramai hingga akhir perhitungan suara selesai.

Sebelum proses pemilihan dilakukan langsung oleh siswa MAN 4 Kediri, panitia telah melakukan beberapa tahapan seleksi kepada para kandidat bakal calon. Di awali dengan seleksi tulis untuk seluruh bakal calon kandidat dari kelas X maupun kelas XI. Terdapat 70an pendaftar yang terdata oleh panitia sebagai kandidat bakal calon ketua dan wakil ketua OSIM. Kemudian dilakukan penyaringan melalui tes wawancara tahap 1.

Hasil dari tes wawancara tahap 1 ini terpilihlah 20 peserta terbaik yang terdiri dari 10 peserta kelas X dan 10 peserta kelas XI. Tahapan selanjutnya adalah wawancara tahap 2 yang dilakukan oleh bapak ibu dewan guru sesuai dengan berbagai bidang keahlian. Terdapat 5 dewan guru yang mewawancarai pada tahap 2 kali ini. Baik dari bidang leadership, keagamaan, wawasan kebangsaan, tata tertib, maupun bakat dan minat. Dan hasil dari wawancara tahap 2 ini, muncullah 3 nama kandidat ketua dan wakil ketua OSIM MAN 4 Kediri untuk periode 2023/2024.

Pasangan nomor urut 1 yakni Benny Prillanzareza (XI E) dan Rihma Maulida (X F), Pasangan nomor urut 2 yakni Fajar Maulana (XI A) bersama Zayyina Nurdiana (X E), sera pasangan nomor urut 3 yakni Ahmad Ibnu Ainun Naim (XI H) bersama Monica Putri Permata (X H). Ketiga pasangan calon (paslon) tersebut sejak dua pekan lalu telah dilakukan pemanggilan dan pengarahan untuk mengikuti kegiatan setelah pencalonan tersebut. Yakni kegiatan Debat kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIM yang dilaksanakan pada hari Senin (4/9) kemarin.

Puncak acara demokrasi yakni pemilihan langsung oleh seluruh siswa MAN 4 Kediri dialkukan pada kamis (9/9) di aula MAN 4 Kediri sejak pagi hingga siang. Kemudian dilanjutkan dengan perhitungan suara yang dilakukan di halaman disaksikan langsung oleh seluruh siswa MAN 4 Kediri. Dari hasil perhitungan suara, pasangan nomor urut 3 mendapatkan suara terbanyak yakni total 623 suara, disusul pasangan nomor urut 1 dengan total 234 suara, dan pasangan nomor urut 2 dengan total 177 suara. Terdapat 51 suara yang dianggap tidak sah dengan berbagai kategori seperti coblosan banyak lubang, keluar dari kotak gambar dan sebagainya. Total keseluruhan suara pemilihan OSIM MAN 4 Kediri tahun ini adalah 1085 suara.

Pesta demokrasi yang luar biasa dengan partisipasi aktif dari siswa yang perlu di apresiasi dalam pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM tahun ini. Selamat kepada Ahmad Ibnu Ainun Naim dan Monica Putri Permata sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIM Terpilih periode 2023/2024. Semoga amanah, lebih baik, dan mampu membawa MAN 4 Kediri berjaya. Amiin (Humas)

Leave a Comment