Kab. Kediri (MAN 4) – Pelaksanaan kurikulum merdeka di MAN 4 Kediri sudah dimulai sejak tahun pelajaran 2022/2023. Namun, masih dengan berbagai kekurangan dan kendalanya. Pada tahun pelajaran baru ini 2023/2024, kurikulum merdeka sudah mulai tertata dengan rapi dan berjalan dengan baik. Tentunya hal ini berkat kerjasama seluruh civitas akademika MAN 4 Kediri.

Pada selasa (22/8) jam 07.00 – 10.00 wib dilaksanakan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) dibuka di aula MAN 4 Kediri dengan tema Suara Demokrasi untuk kelas XI, dan proyek dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan untuk kelas X. Kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah sosialisasi terkait kegiatan yang kedepannya akan dilakukan secara berkelanjutan.Untuk P5 dan P2RA dengan tema suara demokrasi berkaitan dengan serangkaian kegiatan Reformasi OSIM yang akan berlangsung dari bulan Agustus hingga September. Setelah kegiatan sosialisasi, besok akan dilakukan kegiatan pendampingan berupa workshop pemaparan materi demokrasi yang akan dilakukan oleh pengurus KPU Kediri. Dalam serangkaian kegiatan kedepannya mereka harus membuat berbagai media demokrasi serta mempraktekkan demokrasi dalam lingkup sederhana yakni pemilihan pengurus OSIM baru tahun 2023/2024. Diharapkan dari kegiatan proyek ini siswa mampu mempraktekkan budaya demokrasi baik dilingkungan masyarakat sekitar maupun dalam kehidupan bernegara kedepannya.

Sedangkan untuk proyek kelas X dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Mereka akan melaksanakan proyek dengan membuat pupuk kompos organik dari bahan sisa-sisa sampah yang ada di sekitar madrasah. Kedepannya, melalui beberapa pertemuan, siswa kelas X akan didampingi oleh tim fasilitator proyek dari bidang gaya hidup berkelanjutan untuk menerapkan proyek pembuatan kompos. Di akhir kegiatan, siswa akan diminta membuat dokumentasi dalam bentuk video pendek untuk disebarkan diberbagai platform media sosial agar menjadi inspirasi dan pengetahuan baru bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin diharapkan mampu menjadi pengetahuan dan pengalaman baru baik bagi siswa kelas X dan XI. Serta bagi masyarakat sekitar madrasah dimana MAN 4 Kediri berada, sehingga MAN 4 Kediri mampu menjadi inovation center terhadap perkembangan ilmu dan teknologi baru di masyarakat. (Humas)

Leave a Comment