Nama Ilham Zam Zami. Lahir pada tanggal 23 Agustus 2005. Nama bapak saya Wahyu Apriliyanto dan ibu saya Umiyati. Saya di lahirkan di Rumah Sakit Amelia pare kediri pada pukul 04.40 wib. Pada awalnya saya lahir berjalan dengan normal tapi kata dokter kandungan yang menangani saya ada kelainan di kaki kiri saya, terdapat infeksi yang disebabkan karena infeksi kandungan dari lahir prematur dan dokter berkata bahwa kaki saya harus segera diamputasi.
Karena kalau tidak diamputasi akan berbahaya dan bisa berakibat fatal dan menjalar ke seluruh tubuh. Akhirnya akhirnya pada usia 2 hari kaki saya di amputasi, setelah itu saya tumbuh biasa dan normal menjalani hidup dengan kaki satu. Tapi tidak masalah memang itu takdir saya dan tetap saya syukuri karena itu sudah kehendak tuhan yang maha kuasa.


Tahun demi tahun saya jalani sampai menginjak usia 5 tahun saya masuk sekolah TK di situ banyak keluh kesah yang saya alami soalnya sebagian teman-teman saya ada yang mengejek saya tapi juga ada yang baik sama saya. Lama-kelamaan saya biasa-biasa saja menjalani hidup dengan senang hati dan tetap bersyukur. Setelah usia 7 tahun saya masuk sekolah Madrasah Ibtidaiyah atau MI di situ banyak teman-teman saya yang mengerti dengan keadaan saya.
Saya hobi olahraga sepak bola dari situ saya sering bermain sepak bola dengan teman-teman saya meskipun teman-teman saya berkaki normal sedangkan saya berkaki satu saya tetap semangat dan tidak mau kalah dengan teman-teman saya. Pada akhirnya sampai saya sekolah di MTsN 7 Kediri dan sekarang sekolah di Man 4 Kediri saya tetap suka bermain sepak bola dan demi mencapai cita-cita saya akhirnya saya masuk klub sepak bola amputasi Persas Surabaya.
Pada tanggal 14 September 2022 di sini saya berlatih dengan sungguh-sungguh supaya jadi pemain sepak bola yang baik dan profesional. Awal-awal saya mendapat pengalaman pada ajang pertandingan persahabatan yang digelar di Malang pada tanggal 12 November 2022. Alhamdulillah saya mencetak 4 gol sehingga tim Saya menang dengan skor 4-3. Dan setelah itu banyak pertandingan yang saya ikuti diantaranya:

  1. Piala Menpora pada tanggal 25 November 2022 dan mendapat juara 2 di Jakarta.
  2. Piala Bupati Jember pada tanggal 15 Maret 2023 dan mendapat juara 2 di Jember.
  3. Lomba lari atletik Nusantara pelajar se-jawa Timur pada tanggal 11 Juni 2023 dan mendapat juara 1 di kelas lari Daksa lowers 100 meter di Kediri
  4. Pemain Timnas Indonesia Garuda INAF u-23 pada tanggal 21 Juli 2023 di Selangor Malaysia dan Alhamdulillah Indonesia menjadi juara 1. Demikian kisah perjalanan saya sebagai pemain sepak bola amputasi Indonesia dan mudah-mudahan di tahun 2024 saya bisa ikut kejuaraan piala Asia dan di tahun 2026 kejuaraan piala dunia amin.

Leave a Comment