Kab. Kediri (MAN 4) – Kegiatan Pengenalan Siswa Baru terhadap lingkungan madrasah atau biasa disebut MATSAMA di MAN 4 Kediri telah berlangsung dengan baik dan lancar. Kegiatan yang di mulai sejak Senin (17/7) kemarin dan berakhir pada Kamis (20/7) diisi dengan materi-materi terkait kemadrasahan dan kegiatan unggulan madrasah. Di MAN 4 Kediri, kegiatan Matsama diikuti oleh 381 siswa baru selama 3 hari berturut-turut.

Pada hari pertama, kegiatan matsama diisi dengan pembukaan oleh kepala madrasah, Slamet Hariyanto. Kemudian dilanjutkan dengan materi dinamika kelompok oleh pendamping bapak ibu guru yang ditugaskan. Kegiatan berikutnya adalah materi kemadrasahan yang diisi oleh Puji Hartiningsih dan Doni Setiawan selaku Waka Kesiswaan dan Waka Akademik.

Di hari kedua, siswa mulai dibiasakan dengan kegiatan-kegiatan ibadah seperti sholat dhuha berjamaah di pagi hari sebelum kegiatan dimulai. Kemudian baru materi berikutnya yakni kemadrasahan terkait dengan fasilitas penunjang madrasah yang disampaikan oleh Nur Hidayat selaku Waka Sarpras, dilanjutkan materi Ukhuwah Islamiyah oleh Dafid Fuadi dan Ukhuwah Basyariyah oleh Lilik Ulfa Chasanah. Semua pemateri tersebut adalah guru MAN 4 Kediri yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.

Dan Matsama hari terakhir ialah terkait dengan program kemadrasahan. Seperti Program Keterampilan yang disampaikan oleh Sufaat selaku Kepala Program Keterampilan, dan materi Program Riset oleh Syaihul Muhlis selaku Ketua Program Madrasah Riset. Kegiatan matsama hari terakhir ini kemudian ditutup oleh kapala madrasah dalam apel siang di halaman MAN 4 Kediri pada hari kamis (20/7) yang lalu.

Kegiatan matsama berakhir, kemudian dilanjutkan dengan matapma atau masa taaruf anggota pramuka MAN 4 Kediri yang dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu (21 s/d 22 Juli) dengan menginap di madrasah. Kegiatan menginap (kemah) merupakan agenda pertama yang dilakukan pasca pandemi berlangsung. Jika tahun lalu kegiatan matsama dilakukan tanpa menginap, maka tahun 2023 ini diakhiri dengan menginap di madrasah.

Kegiatan matapma dilaksanakan oleh pengurus Pramuka dan OSIM MAN 4 Kediri.Kegiatan matapma diawali dengan apel pembukaan pada Jumat pagi (21/7) oleh Kamabigus, Slamet Hariyanto. Kegiatan berikutnya adaah materi terakit dengan kepramukaan yang diisi oleh pembina ekstra Pramuka MAN 4 Kediri, Eko Prasetyo dan Ana Ma’rifatun Nurdiana. Kemudian, siang hingga sore hari diisi dengan Orasi dan Expo Ekstrakurikuler sejumlah 17 stand ekstra dan 6 tampilan orasi yang sangat memukau.

Kegiatan malam seperti api unggun juga tak lupa dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan matapma. Setiap kegiatan di MAN 4 Kediri selalu memberikan pembelajaran dan pembiasaan kepada para siswa baru seperti sholat berjamaah, sholat malam, serta bakti sosial kepada masyarakat sekitar madrasah. Sekira menjelang waktu subuh, siswa dibangunkan untuk upacara alih golongan, yang kemudian dilanjutkan dengan sholat subuh berjamaah.

Kegiatan pagi dilakukan dengan senam pagi dan olahraga dan diakhiri dengan kegiatan bakti sosial. Upacara penutupan serangkaian kegiatan matapma dilakukan pada Sabtu (22/7) pagi pukul 09.00 wib di halaman MAN 4 Kediri oleh pembina pramuka. (Humas)

Leave a Comment