Krecek-Badas. Menindaklanjuti diluncurkannya Kurikulum baru yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim pada tahun 2022 yaitu Kurikulum Merdeka sebagai penyempurna dan penyederhanaan kurikulum sebelumnya.
Bapak/Ibu guru se- KKM MAN 4 Kediri menghadiri Diseminasi Kurikulum Merdeka pada hari Selasa, 26/juli/2022 di aula MAN 4 Kediri.
Acara tersebut dimulai pada pukul 08.00 dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan hymne madrasah, lalu dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Quran. Serta pembacaan do’a yang dipimpin oleh bapak H. Moh. Bashorie. Dan setelah itu memasuki acara inti yaitu penyampaian materi.
Mengutip dari laman https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/ Kurikulum merdeka dirancang sebagai kurikulum yang lebih fleksibel dan berfokus pada pengembangan karakter setiap peserta didik. Seperti yang disampaikan oleh Drs. H. Slamet Hariyanto, M.Pd.I selaku kepala madrasah MAN 4 KEDIRI menyampaikan tentang Kebijakan Kementrian Agama provinsi Jawa Timur tentang Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah, diantaranya yaitu tidak ada penjurusan untuk peserta didik yang masih duduk dibangku kelas 10 dan juga Ipa Ips tidak dipisah menjadi mapel yang spesifik.
Setelah penyampaian materi dari kepala madrasah dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber kedua yaitu Dra. Hj. Yaqutatun Hamroh, M.SI. perihal Konsep Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Merdeka yaitu Pembelajaran berorientasi pada masa depan dengan pembelajaran yg relevan. Bebas dari perundungan. Proses pembelajaran yg mendukung perkembangannya kompetisi dan karakter peserta didik. Serta metode Assesmen yang digunakan pada kurikulum Merdeka ialah Formatif dan Submatif.
Setelah penyampaian materi perihal konsep dan asesmen pembelajaran, dilanjutkan penyampaian materi ketiga yang disampaikan oleh Bapak H. Moh. Nur Hidayat perihal implementasi Projek Profil Pelajar Pancasila dan Profil pelajar Rahmatan lil Alamin. Beliau mengungkapkan bahwa pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi yaitu beriman, bertakwa, berakhlakul karimah, berbhineka, bergotong royong mandiri, bernalar logis dan kreatif. Serta
Profile Rahmatan lilalamin selalu mengingat allah menguatkan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
Setalah penyampaian materi tersebut, acara ditutup dengan penyusunan dokumen 1 KTSP Tahun 2022/2023. (Slamet Hariyanto )

Leave a Comment