Sesuai Surat Edaran terkait pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2020 termuat dalam SE Nomor 45 Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI.

Dalam Surat Edaran (SE) Nomor 45 Tahun 2020 tentang Upacara Bendera peringatan Hari Santri Nasional 2020 dijelaskan beberapa poin penting berikut:
Upacara dilaksanakan secara serentak pada 22 Oktober 2020
Ketentuan Pakaian Peserta Upacara: 1) bagi laki-laki: Memakai Sarung, atasan putih, dan berpeci hitam; dan 2) Perempuan: menyesuaikan.
Mempublikasikan pelaksanaan Upacara HSN 2020 di Media Sosial.
Pelaksanaan Upacara Hari Santri Nasional menerapkan protokol kesehatan.

Kamis, 22 Oktober 2020, MAN 4 Kediri mengadakan Sholat Dhuha, istigosah, doa bersama serta mengikuti upacara peringatan HSN oleh Kementerian Agama RI secara virtual adalah rangkaian kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional di MAN 4 Kediri tahun 2020.
Kegiatan Sholat Dhuha, istigosah dan doa bersama kali ini dilaksanakan MAN 4 Kediri secara terbatas Tenaga Pendidik dan Kependidikan, mengingat saat ini masih pada masa pandemi Covid-19. Pelaksanaannya dilakukan dengan berpedoman pada protokol kesehatan.
Mewakili Kepala Madrasah, Waka. Bidang Humasy, Mohammad Miftachul Arifin, S.Ag, M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa: 1). Tujuan diadakan peringatan Hari Santri Nasional MAN 4 Kediri yakni dapat memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan santri yang sehat serta menjalin silaturahmi dengan sesame, 2). Keluarga Besar MAN 4 Kediri harus bisa meneladani proses munculnya fatwa Resolusi Jihad KH. M. Hasyim Asy’ari sehingga moment 22 Oktober menjadi titik awal ditetapkannya sebagai Hari Santri Nasional, dan 3). Siapapun dan apapun latar belakang kita, maka menjadi keluarga MAN 4 Kediri harus bersyukur dan bangga dengan gelar SANTRI karena didalamnya terdapat nilai-nilai religious dan nasionalisme.
Dalam Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020, MAN 4 Kediri menggelar serangkaian acara, antara lain:
Tanggal 22 Oktober 2020: Sholat Dhuha, Istighosah dan Mengikuti Upacara Hari Santri Nasional secara Virtual
Tanggal 23-30 Oktober 2020: Lomba Pidato dan Lomba Mars dan Essai Syubbanul Wathan (Daring)
Tanggal 31 Oktober 2020: Final Lomba Pidato dan Lomba Menyanyikan Mars Syubbanul Wathan dan dilanjutkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1442 H/ 2020 M.

Leave a Comment