Kab. Kediri (MAN 4) – Dalam kegiatan Studi Kenal Alam dan Lingkungan (SKAL) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh MAN 4 Kediri berjalan dengan sangat menarik. Kegiatan yang diikuti oleh 319 siswa menggunakan 6 rombongan bus melaksanakan SKAL dna Kunjungn kampus yang dilaksanakan selama 5 hari. Bagaimana tidak, kali ini selain melaksanakan Ziarah Wali 9, juga melakukan kunjungan ke salah satu kampus terbesar dan tertua di Indonesia yakni Universitas Gadjah Mada atau biasa disebut UGM. Bukan tanpa ihwal, pihak madrasah memilih UGM sebagai tujuan. Selain sebagai pembelajaran bagi siswa untuk memahami dunia perguruan tinggi, juga memberikan motivasi dalam menentukan pendidikan selanjutnya.

Kegiatan SKAL berangkat pada Sabtu pagi (17/6) yang diberangkatkan langsung oleh kepala madrasah, Drs. H. Slamet Hariyanto, M.Pd.I di halaman MAN 4 Kediri. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kepada seluruh siswa dan guru pendamping untuk selalu berdoa dan berhati-hati. Dalam perjalanan yang jauh pastinya nanti ada kendala-kendaa yang harus dihadapi dengan baik dan tenang. Sehingga diharapkan kegiatan SKAL dapat berjalan dengan baik. Tujuan SKAL MAN 4 Kediri selain ziarah wali 9 di Jawa Timur hingga Jawa Barat, juga mengunjungi tempat wisata edukatif seperti Wisata Ancol, Bayt Al Quran dan Musrum Istiqlah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Pantai Parangtritis Yogyakarta, serta Masjid Raya Syeikh Zayyed di Solo.

Satu hal yang menjadi menarik adalah kunjungan kampus di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Dalam kunjungan tersebut seluruh rombongan dari MAN 4 Kediri disambut di gedung auditoriun Grha Sabha Pramana oleh perwakilan dari UGM. Beliau menyampaikan selamat datang di kampus Universitas Gadjah Mada dan semoga tahun depan bisa bergabung menjadi keluarga besar mahasiswa baru di UGM. Dalam kesempatan itu juga, Kepala MAN 4 Kediri memberikan sambutannya. Beliau berpesan kepada seluruh siswa bahwa terus belajar dan mendoakan agar tahun depan ada siswa MAN 4 Kediri yang mampu lolos di UGM. Beliau juga menyampaikan bahwa terdapat beberapa alumni yang sudah berkiprah di UGM dan mencetak beberapa prestasi yang membanggakan bagi MAN 4 Kediri. (Humas)

Leave a Comment