Kab. Kediri (MAN 4) – Prestasi kembali diraih oleh siswa MAN 4 Kediri di awal tahun 2023 ini. Tim futsal dibawah asuhan pelatih Ikhwan Mukholis kembali meraih posisi puncak dalam kompetisi futsal yang diselenggarakan oleh AFKAB (Asosiasi Futsal Kabupaten) Kediri tahun 2022. Tujuan kompetisi Afkab adalah dalam rangka seleksi pemain usia di bawah 18 tahun yang akan memperkuat tim Porprov Kabupaten Kediri untuk persiapan Porprov tingkat Jawa Timur Tahun 2023.

Kompetisi di ikuti oleh 8 team SMA/SMK/MA yang terdaftar, yaitu: SMAN 1 PARE, SMAN 2 PARE, SMAN 1 KANDANGAN, SMAN 1 GURAH, SMAN 1 PLEMAHAN, SMA DHARMA WANITA PARE, SMKN 1 PLOSOKLATEN, MAN 4 KEDIRI. Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi, dimana semua tim akan saling bertemu satu dengan yang lain. Setiap tim melaksanakan pertandingan sebanyak 7 kali. Pertandingan dilaksanakan setiap hari Minggu di lapangan Futsal Prima Pare.

Pertandingan awal dilaksanakan mulai tanggal 13 Nopember 2022 s/d 15 Januari 2023. Dari 7 kali pertandingan MAN 4 Kediri meraih hasil 5 kali kemenangan, dua kali seri dan tidak pernah kalah, sehingga meraih Juara 1. Selain itu gelar top skor (pencetak gol terbanyak) juga diraih oleh pemain MAN 4 Kediri atas nama AZRIL AKBAR BRILLIANT PUTRA (XII IPS 3) dengan mencetak 11 gol.

Peserta Kompetisi Afkab adalah SMA dan SMK terbaik di Kabupaten Kediri. SMAN 1 Pare pernah juara di Kompetisi Futsal Ikabri se-Karesidenan Kediri, SMAN 1 Gurah adalah Juara 1 Turnamen Futsal di Kasembon. SMAN Kandangan juga Juara 1 di Kompetisi Futsal F4D di Kandangan. Jadi semua lawan yang ada di kompetisi ini adalah lawan berat.

Motivasi yang disampaikan oleh pelatih kepada semua pemainnya bahwa setiap pemain sama tidak ada yang lebih baik satu dari yang lain. Pemain terbaik adalah pemain yang mau memberikan kemampuan terbaiknya untuk team. Tidak pernah bertanya apa yang bisa diberikan untuk kita, tetapi apa yang bisa kita berikan untuk team dan madrasah. Dan MAN 4 Kediri memiliki kelebihan yakni kekompakan dan kebersamaan.

Ikhwan Mukholis selaku pelatih tim futsal ketika dihubungi melalui whatsapp sedang berada di Jepang. Ditanya harapannya kedepan untuk tim futsal MAN 4 Kediri, beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada stakeholder Madrasah yang sudah memfasilitasi hobi siswa MAN 4 Kediri melalui ekstrakurikuler Futsal dan merekomendasikan untuk mengikuti kegiatan kompetisi yang ada. Banyak sekali kompetisi futsal setelah masa pandemi berlalu. Semoga diberikan kesempatan yang banyak untuk mengikuti even lain baik di Kabupaten Kediri atau even lain yang lebih besar. (MD/Tim Humas)

Leave a Comment