Kediri – Wisuda Purna Siswa dan Pelepasan Siswa kelas XII MAN 4 Kediri dilaksanakan pada Sabtu pagi (14/5) di halaman belakang. Kegiatan yang berlangsung secara outdoor tersebut berlangsung sederhana namun memberikan kesan tersendiri bagi siswa. Sebab, ini adalah wisuda pertama yang digelar dimasa pemulihan pandemi setelah dua tahun berturut-turut wisuda ditiadakan. Kali ini mengusung konsep outdoor party, wisuda digelar di halaman belakang MAN 4 Kediri yang rindang dengan pepohonan yang sejuk.
Pada wisuda kali ini, MAN 4 Kediri meluluskan 447 siswa yang terbagi dalam 12 rombel kelas dengan 4 program penjurusan. Siswa jurusan IBB sejumlah 31 siswa, Jurusan MIPA sejumlah 191 siswa, jurusan IPS sejumlah 150 siswa, dan jurusan IIK sejumlah 75 siswa. “Ini merupakan lulusan terbanyak dalam sejarah MAN 4 Kediri sampai saat ini karena mampu meluluskan siswa sebanyak itu” terang Drs. H. Slamet Hariyanto, M.Pd.I selaku Kepala MAN 4 Kediri. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh siswa karena sudah dinyatakan lulus 100%. Beliau berpesan kepada seluruhnya untuk tidak melupakan ibadah, serta tetap menjaga nama baik madrasah dimana pun berada.
Prosesi wisuda dimulai pagi pukul 08.00 EIB dengan Tahlil yang dipimpin oleh Bapak H. Moh. Bashorie M.Pd.I. kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh MC. Acara dilanjutkan dengan Rapat Sidang Terbuka oleh Kepala MAN 4 Kediri. Ini merupakan acara inti dalam prosesi wisuda dengan diawali pengalungan gordon dan penyerahan piagam penghargaan kepada perwakilan wisudawan berprestasi setiap jurusan, dan dilanjutkan dengan pengalungan gordon setiap wisudawan oleh Kepala Madrasah. Prosesi khidmat diiringi dengan tim paduan suara dan Habsy MAN 4 Kediri menambah suasana sakral dalam prosesi wisuda kali ini. Setiap kelas juga melakukan foto dokumentasi per kelas bersama wali kelas dan Kepala Madrasah.
“Meski sederhana, wisuda kali ini memberikan kesan yang sangat luar biasa. Selain sebagai bentuk perpisahan ini juga bentuk rasa syukur kami atas segala yang telah kami dapatkan selama belajar di MAN 4 Kediri ini. Kami juga berterimakasih kepada segenap bapak ibu guru telah membimbing dan memberikan arahan kepada kami sebagai bekal menjalani kehidupan berikutnya” papar Bilal Tri Andika selaku perwakilan wisudawan dalam sambutannya. Dengan mengenakan pakaian yang anggun dan setelan jas yang rapi para wisudawan menikmati prosesi wisuda dengan tertib dan khidmat. Semoga apa yang dicita-citakan dapat terwujud. Selamat kepada Wisudawan-Wisudawati MAN 4 Kediri tahun 2022, semoga mendapat ilmu berkah dan bermanfaat dunia akhirat.

Leave a Comment