Kab. Kediri (MAN 4). Dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional ke-116 yang diperingati pada tanggal 20 Mei 2024, MAN 4 Kediri melaksanakan kegiatan Upacara Hari Kebangkitan Nasional pada Senin 20/5/2024 pukul 07.30 WIB. Upacara dihadiri oleh sejumlah lembaga pendidikan, Polri dari Kec. Badas dan perwakilan dari sekolah tingkat SD serta SMP di wilayah Badas.

Upacara diawali dengan pertunjukan drum band Gita Manarun Nada MAN 4 Kediri. Dilanjutkan Pengibaran Bendera Merah Putih, Mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Naskah Undang-Undang Dasar 1945, Persembahan lagu-lagu Nasional oleh Tim Padus dan diakhiri dengan Pembacaan Do’a.Kapten Che Tomi Wibisono selaku Danramil Pare bertugas sebagai Pembina Upacara kali ini dengan tema “Bangkit Menuju Indonesia Emas”. “Lahir dari organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Oetomo inilah yang kelak menjadi simbol Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.

Organisasi Boedi Oetomo bermula dari sejumlah dokter dan calon dokter di Batavia yang berkumpul mendirikan suatu organisasi modern. Sebelum Boedi Oetomo adalah Kartini, perempuan dari kita kecil Japara, yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan dan kemajuan, melalui tulisannya,” Ucap Beliau. Sikap para peserta upacara yang disiplin dan petugas yang sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari membuat kegiatan upacara bisa berjalan dengan khidmat dari awal hingga akhir.(Jurnalis/Humas)

Leave a Comment