Kab. Kediri – Bertempat di halaman MAN 4 Kediri, Jumat (22/10/2021) Kepala MAN 4 Kediri Drs. H. Slamet Hariyanto, M.Pd.I pimpin upacara peringatan Hari Santri Tahun 2021. Upacara yang diikuti oleh seluruh siswa MAN 4 Kediri dan jajaran dewan guru kali ini, mengambil tema “Santri Siaga Jiwa dan Raga”.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 4 Kediri menyampaikan amanat Menteri Agama RI mengatakan bahwa ditetapkannya hari santri merupakan babak baru dalam sejarah umat Islam di Indonesia. Mulai sejak itu, kita dengan suka cita memperingati hari santri yang merupakan wujud relasi harmoni antara pemerintah dan umat Islam, khususnya bagi kalangan santri.

Berkaca pada sejarah, hari santri merujuk pada keluarnya resolusi jihad pada 22 Oktober 1945 yang memantik terjadinya peristiwa heroik 10 Nopember 1945 di Surabaya yang kemudian diperingati sebagai hari Pahlawan. Resolusi jihad adalah seruan ulama santri yang mewajibkan setiap muslim Indonesia untuk membela kedaulatan tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Untuk peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga. Maksud tema Santi Sraga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan lndonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. Siaga Jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran lslam rahmatanlil’alamin serta tradisi luhur bangsa lndonesia.

Hari santri tahun ini merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai ‘pionir perdamaian’ yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia. (Humas)

Leave a Comment