Menjelang berahirnya tahun ajaran 2020/2021  keluarga besar  MAN 4 KEDIRI akan melepas siswa kelas XII. Selain melepas siswa kelas xii keluarga besar MAN 4 juga akan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Namun untuk melaksanaakan kegiatan tersebut haruslah sesaui dengan aturan yang berlaku. Aturan tersebut diantaranya mengatur bahwa pihak MAN 4 baru bisa melaksanaakan Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB) pada bulan Mei.

Menanggapi aturan tersebut sebagai bahan pertimbangan siswa yang akan bergabung dan masuk menjadi bagaian dari keluarga MAN 4 para calon siswa yang saat ini berada di kelas  ix (sebilan SMP/MTs) disediakan sebuah sarana untuk lebih menegenal MAN 4 KEDIRI dengan cara meengikuti sebuah even olimpiade. Olimpiade yang diselenggarakan meliputi olimpiade sains, matemaatika dan agama.  Sampai hari terahir pendaftaran olimpiade pada  tanggal 24 maret 2021 sudah terdapat 500 siswa lebih yang ikut ambil bagian dalam even tersebut.

Dari even ini selain sebagai ajang untuk memperkenalkan man 4 kepada calon siswa juga sebagai sarana mendata siswa yang punya bakat akademik yang mumpuni. Dengan modal bakat yang mumpuni tersebut nantinya para Pendidik di  MAN 4 akan mampu mengarahkan dan membimbing siswa tersebut agar mampu lebih berprestasi baik di tingkat regional maupun tingkat nasional.

Penyelenggaraan olimpiade tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya kegiatan olimpiade dilaksanakan dengan cara tatap muka langsung. Di karenakan saat ini masih dalam masa pandemi, maka kegiatan dilaksanakan secara daring atau online. Apabila tahun sebelumnya kegiatan olimpiade meliputi bidang akademik dan non-akademik, pada tahun ini hanya diadakan olimpiade pada bidang akademik saja. Meski hanya bidang akademik dan dilaksanakan secara daring, diharapkan kemeriahan dan kualitass olimpiade ini tetap terjaga.

Kegiatan olimpiade ini cukup menarik karna panitia menyediakan beberapa penghargaan bagi pemenagnya nanti. Diantaranya adalah; bahwa pemenang akan mendapatkan sertifikat, uang pembinaan dan beasiswa pendidikan dingan nominal yang lumayan. Selain itu bagi siswa yang berprestasi pada ajang olimpiade ini akan mendapat kemudahan dalam kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru  melalui jalur prestasi yang dilaksanakan pada bulan Mei mendatang. Pada hari ini, kamis tanggal 25 Maret 2021 tepat pukul 15.00 WIB akan dilaksanakan kegiatan olimpiade secara serentak pada bidang Matematika, Saints, dan Keagamaan. Semoga acara ini nanti bisa berjalan dengan lancar dan tentunya juga bermanfaat serta mebawa berkah bagi semua pihak.(FAIZ)

Leave a Comment