MAN 4 KEDIRI, HEBAT BERMARTABAT

JADWAL UKK

Kediri (MAN 4), Ditengah pandemi  Covid 19, pembelajaran secara tatap muka mau tidak mau diubah menjadi system daring atau online. Hal itu berimbas pada pelaksanaan ujian sekolah juga. 

UKK , Ujuan Kenaikan Kelas yang sebelumnya disebut PAT, Penilaian Akhir Tahun, kegiatan  untuk menuju jenjang  kelas yang lebih tinggi, di  MAN 4 Kediri melaksanakan UKK sejak Selasa, 2 Juni 2020 dan dijadwalkan berakhir Jumat, 12 Juni 2020.

Kepala MAN 4, Drs Suryono, M.Pd.I. sebelum pelaksanaan menginstruksikan kepada semua komponen  madrasah termasuk wali murid memberikan dukungan agar pelaksanaan UKK tahun ini sukses. Terutama kepada wali kelas harus  memotivasi dan memantau siswa kelas yang dibinanya dengan mengidentifikasi  masalah yang dihadapi siswa kemudian diberikan solusi.

SIMULASI UKK
LAPORAN SIMULASI 1 UKK

Untuk melihat kontribusi sekaligus  uji coba pelaksanaan UKK yang sesungguhnya, dilakukan simulasi  dua kali, Minggu (31/5) dan  Senin (1 Juni ). Hasil yang dicapai 75% jumlah siswa yang mengikuti. Berdasarkan hasil itu, pihak sekolah merasa yakin bahwa  UKK dapat  dilaksanakan dengan baik.

Hari pertama, mata pelajaran pilihan, partisipasi siswa sudah menunjukkan 90% lebih.  Dan jumlah itu meningkat terus hingga hari ini yang tidak mengerjakan online hanya 5 siswa dari 794 siswa kelas X dan XI. Mereka yang tidak ikut karena submit diluar waktu yang ditentukan, ada yang tertidur, atau susah sinyal.

Harus diakui memang, peran wali kelas sangat penting.  Aduan siswa yang pertama kali menerima adalah wali kelas. Masalah siswa saat mengerjakan soal  juga harus diatasi oleh wali kelas lebih dulu. Wali kelas juga harus ‘ngoprak-ngoprak’ siswa jika  belum mengerjakan.

Melihat keikutsertaan siswa yang luar biasa, pantaslah jika MAN 4 menyimpulkan pelaksanaan UKK untuk pertama kali secara online, sukses!

Foto

PANITIA UKK

Leave a Comment