Kab. Kediri (MAN 4) – MAN 4 Kediri telah melaksanakan kegiatan screening kesehatan dari tim puskesmas Badas yang dilaksanakan di UKS dan Perpustakaan pada Senin, 30 Oktober 2023 pukul 08.30, Screening kesehatan ini dilakukan secara menyeluruh terhadap semua siswa kelas X MAN 4 Kediri. Adapun proses rangkaian screening meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, pemeriksaan status gizi, pemeriksaan pengelihatan dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut.
Screening kesehatan biasanya dilakukan setahun sekali pada awal tahun pelajaran terhadap siswa kelas X MAN 4 Kediri yang dilakukan oleh tim kesehatan dibawah koordinasi puskesmas. Dari kegiatan screening ini didapatkan “wawasan tentang gaya hidup sehat itu, yakni sarapan, mandi dua kali sehari, makan 3 kali sehari dilengkapi sayur dan buah dengan gizi yang seimbang, tidak merokok, tidak meminum minuman beralkohol, segera memeriksakan diri apabila badan tidak merasa sehat, cuci tangan dengan sabun, sebelum makan dan sesudah makan. Dan gaya hidup sehat yang baik yaitu gaya hidup yang baik dilakukan dengan mengkondisikan tumbuh kembang remaja dan perilaku, komunikasi, bersosialisasi dengan teman. Serta olahraga yang baik ialah bergerak semua anggota tubuh dan semua persendian, sesuai dengan umur. Bergerak minimal 30 menit, dimana semua organ itu bergerak, jantung memicu dengan cepat paling tidak rata-rata 30 menit itu yang paling bagus”. Tegas Ahmad Fauzi (salah satu tim kesehatan Puskesmas Badas).
Screening kesehatan adalah suatu proses pemeriksaan atau penilaian kesehatan secara rutin untuk mendeteksi suatu penyakit tertentu. Screening membantu mendeteksi risiko penyakit sejak dini, sehingga dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya atau mengobatinya lebih awal. (Jurnalis/Humas)

Leave a Comment