Kab. Kediri (MAN 4) – Senin (20/2/2023) telah dilakukan Rapat Dialog Kewaspadaan Nasional dengan tema “Peran Pemuda dalam Menjaga Kondusifitas Daerah Menjelang Pemilu Serentak 2024 Di Kabupaten Kediri oleh Bakesbangpol bersama DPRD Kab. Kediri. Acara dimulai pukul 09.30 wib bertempat di Aula Terbuka RM Apung, Badas. Acara dibuka oleh panitia dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Bakesbangpol dan Kepala KanKemenag Kab. Kediri.

Kepala Bakesbangpol yang diwakili oleh Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik, Syaifuddin Zuhri. Beliau berpesan kepada pemuda-pemuda untuk berperan aktif menjaga persatuan dan kesatuan di wilayah NKRI. Beliau juga berpesan kepada seluruh siswa untuk menjadi generasi muda yang berakhlak. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala KanKemenag Kab. Kediri, Achmad Faiz terkait dengan implementasi nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan. Pelajar harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan-tantangan di masa depan yang tentunya berbeda dari sekarang. Maka kita harus pandai menyerap ilmu dan hikmah dari apa yang ada di lingkungan sekitar kita. Beliau juga berpesan untuk saling menghormati yang lebih tua dan tidak melakukan pembulyan terhadap sesama.

Acara selanjutnya adalah Dialog dengan anggota DPRD Kab. Kediri, Masykur Lukman dari Fraksi PKB dan Triwiyanto dari Fraksi Demokrat. Dalam dialognya Masykur Lukman menyampaikan terkait moderasi beragama. Disampaikan oleh beliau bahwa hidup rukun dan harmoni itu menyenangkan. Pemuda diharapkan mampu menciptakan kehidupan yang rukun, harmoni dan damai dalam kehidupan masyarakat. Kemudian dialog dilanjutkan oleh Triwiyanto terkait dengan berita hoax. Sebagai pelajar harus lebih banyak literasi dan mencari sumber terpercaya agar terhindar dari berita hoax. Jangan sampai generasi muda menjadi generasi yang mudah terpengaruh berita hoax.(Tim Humas)

Leave a Comment